Wednesday, March 30, 2016

Laporan Outbound Mata Kuliah Character Building



LAPORAN KEGIATAN OUTBOUND
DALAM  MATA KULIAH CHARACTER BUILDING
( Dosen Pengampu : Riyanti Yunita Kisworini,S Pd. )




Description: http://www.carikampus.com/modules/univ/images/stmik%20wu.jpg



Disusun Oleh :

DARSONO               STI201501151



Program Studi Teknik Informatika
STMIK WIDYA UTAMA PURWOKERTO
2015

KATA PENGANTAR
            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat, rahmat,karunia Nyalah,  penulisan laporan bisa  terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Adapun tujuan penulisan tugas ini untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Character Building pada Semester I tahun akademik 2015/2016. Dengan membuat tugas ini mampu untuk lebih mengerti akan mata kuliah character building yang sudah di ajarkan kepada penulis oleh Dosen Mata Kuliah Character Building.

            Dalam penyelesaian tugas ini, penulis banyak mengetahui kesulitan, terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang menunjang. Namun berkat ilmu yang saya dapat walaupun masih banyak yang belum paham dalam mata kuliah ini. Akhirnya dalam mengikuti Mata Kuliah Character Building yang di lakukan di luar kampus dengan mengikuti kegiatan Outbound tempatnya di Musem Jendral Soedirman di karang lewas. Karena itu, sudah sepantasnya penulis mengucapkan terimakasih kepada:

1.      Ibu Riyanti Yutina Kisworini, S Pd  selaku Dosen Mata Kuliah Character Building  yang selalu memberikan pemahaman berupa materi – materi perkuliahan.
2.      Orang tua, Istri, kedua putra-putriku yang tercinta,  yang banyak memberikan motivasi dan dorongan serta bantuan, baik secara moral maupun spriritual.
3.      Teman – teman Angkatan 2015 STMIK Widya Utama, serta semua pada waktu pelaksanaan Outbound, yang tidak dapat penullis sebutkan satu per satu. Terimakasih atas semuanya   

Penulis sadar sebagai seorang mahasiswa yang masih dalam proses pembelajaran, tugas penusilan laporan Outbound ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan tugas yang lebih baik bagi masa yang akan mendatang.
Harapan penulis, semoga tugas laporan yang sederhana ini, dapat memberi manfaat bagi penulis , dan semua yang menbaacanya.

Purwokerto,   Januari 2016

Darsono

BAB  I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Motivasi adalah dorongan yang menghasilkan perilaku yang diarahkan pada tujuan. Menurut pandangan psikologi, motivasi dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, peran pikiran, dan harapan.
Sesuai dengan pernyataan di atas tujuan Motivasai Kegiatan Outbound yang ikuti oleh maahasiswa yang menganbil Mata Kuliah Character Building pada STMIK Widya Utama Purwokerto ini dilaksanakan, adalah agar dapat hadir rasa kebersamaan dan salimh memiliki satu sama lain, sehingga timbulnya keakraban yang dapat menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa  dalam waktu perkuliahaan, lalu memberikan gambaran bahwa  dalam mencapai  tujuan dibutuhkan pengorbanan dan melalui proses yang  tidak mudah, jika kedua faktor tersebut sudah terbentuk maaka  akan hadir harapan yang kuat untuk teguh disuatu pendirian yaitu meneruskan kulaih hingga sarjana.
Mengenai alasan acara ini terbentuk  adalah, banyak pihak yang melihat bahwa semangat mahasiswa STMIK Widya Utama sudah mulai memudar, dan sudah mulai saatu persatu mahasiswa yang mulai gugur di dalam perkuliahan ini.
Agar lebih memahami dan meresapi  maka dibalik kegiatan Outboun ini merupakan Motivasi. Kami para mahasiswa STMIK Widya Utama Purwokerto yang mengambil Mata Kuliah Character Building  diwajibkan membuat laporan dan analisis mengenai hasil kegiatan Outbound tersebut.

B.       MAKSUD DAN TUJUAN

1.      Dapat memahami makna dalam kegiatan Outbound.
2.      Dapat lebih memahami mengenai  yang ada dalam kegiatan Outbound tersebut.
3.      Dapat menjalin hubungan yang baik, antar anggota dan kelompok
4.      Melatih keakraban, kebersamaandengan sesama mahasiswa






BAB II
PEMBAHASAN
A.           Motivasi Outbound

Motivasi Outbound adalah Outbound yang mengandung nilai motivasi yang digagas oleh salah satu Dosen Mata Kuliah Character Building yaitu Ibu Riyanti Yunita Kisworini, S Pd yang di tunjukan kepada mahasiswa STMIK Widya Utama Purwokerto Kelas A, B, maupun C  untuk mengikuti kegiatan Outbound di luar kelas.
Acara ini sangat memiliki manfaat  yang sangat  banyak dan sangat berkesan bagi para mahasiswa yang menjadi peserta dalam acaara ini. Acara ini di adakan di Museum Jendral Soedirman  Karang Lewas pada hari  Sabtu, 12 Desember 2015.
Para mahasiswa dan Dosen yang ikut serta acara ini berangkat dari  Kampus STMIK Widya Utama Purkerto pada pukul  07.00 WIB  memakai kaos merah dengan memakai kendaraan dari Kodim 071 Banyumas,  setelah sampai di tempat lokasi  seluruh peserta Outbound di perkenalkan dengan seorang mentor dan kelompoknya yang akan akan menjadi panitianya dalam acara ini. Di teruskan dengan pmbentukan sebuah lingkaran seluruh peserta, yel -  yel wajib outbound ,pembagian kelompok setiap kelompok ada yang berjumlah 9 dan 10 peserta, yel – yel kelompok adapun pesertanya di campur dari 3 kelas A, B, dan C.
Kegiatan yang pertama dengan berhitung , kegiatan ini juga harus dilaksanakan  konsentrasi, karena kalau tidak akan salah  menghitungnya . di terus kan dengan pencarian nomor dilokasi yang di sediakan oleh mentor,  setelah  selesai kami di tujukan beberapa permainan dan lokasinya yang di sediakan mentor,  permainan yang disediakan adalah:


















1.        Permainan Menyulam/Menjahit Badan

        Permainaan ini sangat unik dilakukan harus dengan kecepatan kerjasama secara penuh dengan kelomponya. Tetapi permainan ini mengalami kesuliatan terutama bagi peserta perempuan,  alat yang untuk penyulam / menjahit adalah sebuah tali, bagi peserta perempuan merasa susah dan geli karena ada suatu tali yang di masukan ke baju dari ujung lengan tangan kiri kekanan atau sebaliknya.

2.        Berjalan  Dengan Kaki Terikat

        Permainan ini membutuhkan kokompakan, kebersamaan dalam kelompok, kalau tidak kaki akan terasa sakit, karena kaki yang terikat akan tertarik – tarik oleh peserta yang lain dalam kelompoknya. Alat yang di gunakan adalah tali kain sepanjang +- 50 cm. Dengan jumlah peserta tiap kelompok sekitar 9 – 10 mahasiswa.








3.        Mencari Coin di Tepung.

        Mencari Coin di dalam tepung dengan mulut , setelah mendapat segera di kumpulkan ke team penilai berapa jumlah koin yang di dapat, permainan ini juga sangat asyik dan unik karena sehabis mencari koin muka peserta terutama di bagian mulut banyak sekali tepung yang menempel seperti memakai bedak tetapi rasanya kasar.






4.        Exalator bambu ( tangga berjalan)

     
   Dalam permainan ini peserta membutuhkah kekompakan, kerjasama,kekuatan,kecepatan dan sebagainya, karena permainan ini harus kerjasama sama peserta harus ada kekompakan dan juga kekuakatan  karena dari kelompok yang berjumlah 9 orang mahasiswa, 1 orang mahasiswa yang berjalan di bambu yang panjang sekitar 50 cm  berjumlah 4 buah 1 bambu dipegang oleh 2 orang mahasiswa secara estapet.


5.        Benteng Takesi/Perang air

  
      Dalam permainan ini, setiap  kelompok saling bermusuhan saling lempar air yang dimasukan kedalam plastik seukuran  ¼ kg,  perminan ini membutuhkan keahlian,kekuatan, kerjasama, kekomkapan dalam suatu mempertahankan daerahnya masing – masing, setiap kelompok saling serang untuk memperebutkan sebuat tongkat kebesaraan kelompok masing – masing, siapa yang kuat dia yang menang dalam permainan ini.








6.        Membangun Menara

        Permainan ini membutuhkan keuletan , kesabaran , kerjasama, ketelitian, dalam membangun sebuah menara yang denga bahan bakunya adala sedotan, pembangunan menara ini membutuhkan sedotan -+1 pak , isolasi, gunting, membangun menara harus kuat dari segi pondasi atau ketahanan dari terpaan angin.  Kalau tidak kuat dan kokoh, kalau ter kena angin kecil saja akan roboh, karena bahannya  yang sangat ringan.  






7.        Mengisi Air Dengan Gelas Bocor

Description: E:\New folder\OUTBOUND KARAKTER BUILDING\DSCN5445.JPG        Dalam permainan ini peserta membutuhkan keseimbangan, sejajar dan kecepatan dalam memberikan gelar bocor yang berisi air kepada peserta kelompoknya yang di belakangnya dengan lewatdi atas kepala, apabila tidak tepat dalam menyumbat gelas yang bocor, maka airnya akan terbuang,mengenai kepala yang akan basah, dalam pengisiannya akan memakan waktu lama, gelas yang akan diisi tidak terisi air dengan cepat.





8.        Menulis Satu Kata Untuk SWU

    
    Dalam  permainan  ini panitia menyediakan satu lembar kertas manila dan spidol yang nantinya tiap kelompok untuk menulis satu kata untuk SWU, kelompok yang namanya “Lazarus” yang dengan satu katanya adalah tulisan “ BRAVO”  dan nantinya di bacakan tiap kelompok secara bersama – sama dengan berurutan setiap kelompok. Setelah di bacakan secara  bersama – sama terus akan terbentuk suatu kata yang  menjadi satu dari tiap kelompok.



















9.        Estafet Karet

Description: E:\New folder\OUTBOUND KARAKTER BUILDING\DSCN5454.JPG        Permainan ini sangat unik dan  asyik, karena  dalam permainan ini peserta saling memberikan karet dengan sedotan yang sedotannya berada pada mulut tiap  peserta, permainan membutuhkan keseimbangan,kecekatan, ketepatan, dan kekompakan dalam  memberikan karet melalui sedotan yang ada pada mulut setiap peserta, dalam permaainan  ini tiap peserta dibutuhkan saling kerjasama dalam suatu kelompok, dan kecepatan dalam memberikan karetnya kepada setiap peserta  dalam satu kelompok.






10.    Membawa Gelas

Description: E:\New folder\OUTBOUND KARAKTER BUILDING\DSCN5431.JPG        Pemermainan membawa gelas yang berisi air  tidak mengunakan nampan, tetapi untuk  membawanya dengan selembar taplak yang sebagai alas sehingga membutuhkan kerjasanma, kekompakan, kehati – hatian, supaya gelasnya tidak terguling, kalau gelasnya terguling diisi lagi air dan di teruskan jalannya dengan membawa gelas isi air secara,











B.               Kesimpulan

Acara ini memiliki makna yang dalam akan kegiatan outbound dalam mata kuliah Character Building mulai dari pelatihan, kepemimpinan, pengembangan dan motivasi. Acara ini benar benar memberikan gambaran akan kerjasama, keakraban, kebersamaan, karena dalam setiap kelompok dilakukan secara bersama –sama.
Motivasi, keakraban, kebersamaan, kerjasama didapat dalam acara  outbound, membuka mata dalam mendapatkan suatu hasil,dan dalam mencapai sebuah tujuan dibutuhkan sebuah pengorbanan, sekecil apapaun usaha yang kita lakukan akan membuahkan hasil yang baik.








BAB III

PENUTUP

            Sudah menjadi sifat manusia, yang tidak pernah luput dari pada kesalahan dan kekurangan. Selama hayat masih dikandung badan, maka sifat tersebut akan ada pada diri seorang manusia. Maka dari itu penulis ingin meminta maaf sebesar – besarnya apabila di dalam penulisan tugas ini masih banyak adanya kekurangan.

            Maka penulis sangat menginginkan adanya kritikandan saran guna, semoga dibuatnya tugas laporan Outbound dapat memenuhi nilai dalam mata kuliah  Character Building.





1 comment:

  1. The Best Casino Sites for You to Play Online
    The luckyclub.live Best Casino Sites for You to Play Online · Wild Casino · VegasSlots · BetMGM Casino · MrLuck · PlaynGo · Casumo · Play'n Go.

    ReplyDelete