LAPORAN KEGIATAN
OUTBOUND
DALAM MATA KULIAH CHARACTER BUILDING
( Dosen Pengampu :
Riyanti Yunita Kisworini,S Pd. )
![]() |
Disusun Oleh :
DARSONO STI201501151
Program Studi Teknik
Informatika
STMIK WIDYA UTAMA
PURWOKERTO
2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena
atas berkat, rahmat,karunia Nyalah,
penulisan laporan bisa
terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Adapun tujuan
penulisan tugas ini untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Character Building pada
Semester I tahun akademik 2015/2016. Dengan membuat tugas ini mampu untuk lebih
mengerti akan mata kuliah character building yang sudah di ajarkan kepada
penulis oleh Dosen Mata Kuliah Character Building.
Dalam penyelesaian tugas ini, penulis banyak mengetahui
kesulitan, terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang menunjang.
Namun berkat ilmu yang saya dapat walaupun masih banyak yang belum paham dalam
mata kuliah ini. Akhirnya dalam mengikuti Mata Kuliah Character Building yang
di lakukan di luar kampus dengan mengikuti kegiatan Outbound tempatnya di Musem
Jendral Soedirman di karang lewas. Karena itu, sudah sepantasnya penulis mengucapkan
terimakasih kepada:
1. Ibu
Riyanti Yutina Kisworini, S Pd selaku
Dosen Mata Kuliah Character Building
yang selalu memberikan pemahaman berupa materi – materi perkuliahan.
2. Orang
tua, Istri, kedua putra-putriku yang tercinta,
yang banyak memberikan motivasi dan dorongan serta bantuan, baik secara
moral maupun spriritual.
3. Teman
– teman Angkatan 2015 STMIK Widya Utama, serta semua pada waktu pelaksanaan
Outbound, yang tidak dapat penullis sebutkan satu per satu. Terimakasih atas
semuanya
Penulis
sadar sebagai seorang mahasiswa yang masih dalam proses pembelajaran, tugas
penusilan laporan Outbound ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis
mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan
tugas yang lebih baik bagi masa yang akan mendatang.
Harapan
penulis, semoga tugas laporan yang sederhana ini, dapat memberi manfaat bagi
penulis , dan semua yang menbaacanya.
Purwokerto, Januari 2016
Darsono
BAB I
PENDAHULUAN
Motivasi
adalah dorongan yang menghasilkan perilaku yang diarahkan pada tujuan. Menurut
pandangan psikologi, motivasi dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, peran
pikiran, dan harapan.
Sesuai
dengan pernyataan di atas tujuan Motivasai Kegiatan Outbound yang ikuti oleh
maahasiswa yang menganbil Mata Kuliah Character Building pada STMIK Widya Utama
Purwokerto ini dilaksanakan, adalah agar dapat hadir rasa kebersamaan dan
salimh memiliki satu sama lain, sehingga timbulnya keakraban yang dapat menjadi
motivasi bagi seluruh mahasiswa dalam waktu
perkuliahaan, lalu memberikan gambaran bahwa
dalam mencapai tujuan dibutuhkan
pengorbanan dan melalui proses yang
tidak mudah, jika kedua faktor tersebut sudah terbentuk maaka akan hadir harapan yang kuat untuk teguh
disuatu pendirian yaitu meneruskan kulaih hingga sarjana.
Mengenai
alasan acara ini terbentuk adalah,
banyak pihak yang melihat bahwa semangat mahasiswa STMIK Widya Utama sudah
mulai memudar, dan sudah mulai saatu persatu mahasiswa yang mulai gugur di
dalam perkuliahan ini.
Agar
lebih memahami dan meresapi maka dibalik
kegiatan Outboun ini merupakan Motivasi. Kami para mahasiswa STMIK Widya Utama
Purwokerto yang mengambil Mata Kuliah Character Building diwajibkan membuat laporan dan analisis
mengenai hasil kegiatan Outbound tersebut.
B.
MAKSUD
DAN TUJUAN
1. Dapat
memahami makna dalam kegiatan Outbound.
2. Dapat
lebih memahami mengenai yang ada dalam
kegiatan Outbound tersebut.
3. Dapat
menjalin hubungan yang baik, antar anggota dan kelompok
4. Melatih
keakraban, kebersamaandengan sesama mahasiswa
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Motivasi
Outbound
Motivasi Outbound
adalah Outbound yang mengandung nilai motivasi yang digagas oleh salah satu
Dosen Mata Kuliah Character Building yaitu Ibu Riyanti Yunita Kisworini, S Pd
yang di tunjukan kepada mahasiswa STMIK Widya Utama Purwokerto Kelas A, B,
maupun C untuk mengikuti kegiatan
Outbound di luar kelas.
Acara ini sangat
memiliki manfaat yang sangat banyak dan sangat berkesan bagi para
mahasiswa yang menjadi peserta dalam acaara ini. Acara ini di adakan di Museum
Jendral Soedirman Karang Lewas pada
hari Sabtu, 12 Desember 2015.
Para mahasiswa dan
Dosen yang ikut serta acara ini berangkat dari
Kampus STMIK Widya Utama Purkerto pada pukul 07.00 WIB
memakai kaos merah dengan memakai kendaraan dari Kodim 071 Banyumas, setelah sampai di tempat lokasi seluruh peserta Outbound di perkenalkan
dengan seorang mentor dan kelompoknya yang akan akan menjadi panitianya dalam
acara ini. Di teruskan dengan pmbentukan sebuah lingkaran seluruh peserta, yel
- yel wajib outbound ,pembagian kelompok
setiap kelompok ada yang berjumlah 9 dan 10 peserta, yel – yel kelompok adapun
pesertanya di campur dari 3 kelas A, B, dan C.
Kegiatan yang pertama
dengan berhitung , kegiatan ini juga harus dilaksanakan konsentrasi, karena kalau tidak akan
salah menghitungnya . di terus kan
dengan pencarian nomor dilokasi yang di sediakan oleh mentor, setelah
selesai kami di tujukan beberapa permainan dan lokasinya yang di
sediakan mentor, permainan yang
disediakan adalah:
1.
Permainan
Menyulam/Menjahit Badan
Permainaan ini sangat unik dilakukan
harus dengan kecepatan kerjasama secara penuh dengan kelomponya. Tetapi
permainan ini mengalami kesuliatan terutama bagi peserta perempuan, alat yang untuk penyulam / menjahit adalah
sebuah tali, bagi peserta perempuan merasa susah dan geli karena ada suatu tali
yang di masukan ke baju dari ujung lengan tangan kiri kekanan atau sebaliknya.
2.
Berjalan Dengan Kaki Terikat
Permainan
ini membutuhkan kokompakan, kebersamaan dalam kelompok, kalau tidak kaki akan
terasa sakit, karena kaki yang terikat akan tertarik – tarik oleh peserta yang
lain dalam kelompoknya. Alat yang di gunakan adalah tali kain sepanjang +- 50
cm. Dengan jumlah peserta tiap kelompok sekitar 9 – 10 mahasiswa.
3.
Mencari
Coin di Tepung.
Mencari Coin di dalam tepung dengan mulut , setelah mendapat
segera di kumpulkan ke team penilai berapa jumlah koin yang di dapat, permainan
ini juga sangat asyik dan unik karena sehabis mencari koin muka peserta
terutama di bagian mulut banyak sekali tepung yang menempel seperti memakai
bedak tetapi rasanya kasar.
4.
Exalator
bambu ( tangga berjalan)
Dalam permainan ini peserta membutuhkah kekompakan, kerjasama,kekuatan,kecepatan dan sebagainya, karena permainan ini harus kerjasama sama peserta harus ada kekompakan dan juga kekuakatan karena dari kelompok yang berjumlah 9 orang mahasiswa, 1 orang mahasiswa yang berjalan di bambu yang panjang sekitar 50 cm berjumlah 4 buah 1 bambu dipegang oleh 2 orang mahasiswa secara estapet.
5.
Benteng
Takesi/Perang air
Dalam permainan ini, setiap kelompok saling bermusuhan saling lempar air yang dimasukan kedalam plastik seukuran ¼ kg, perminan ini membutuhkan keahlian,kekuatan, kerjasama, kekomkapan dalam suatu mempertahankan daerahnya masing – masing, setiap kelompok saling serang untuk memperebutkan sebuat tongkat kebesaraan kelompok masing – masing, siapa yang kuat dia yang menang dalam permainan ini.
6.
Membangun
Menara
Permainan
ini membutuhkan keuletan , kesabaran , kerjasama, ketelitian, dalam membangun
sebuah menara yang denga bahan bakunya adala sedotan, pembangunan menara ini membutuhkan
sedotan -+1 pak , isolasi, gunting, membangun menara harus kuat dari segi
pondasi atau ketahanan dari terpaan angin.
Kalau tidak kuat dan kokoh, kalau ter kena angin kecil saja akan roboh,
karena bahannya yang sangat ringan.
7.
Mengisi
Air Dengan Gelas Bocor
![Description: E:\New folder\OUTBOUND KARAKTER BUILDING\DSCN5445.JPG](file:///C:\Users\Darsono\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.jpg)
8.
Menulis
Satu Kata Untuk SWU
Dalam permainan ini panitia menyediakan satu lembar kertas manila dan spidol yang nantinya tiap kelompok untuk menulis satu kata untuk SWU, kelompok yang namanya “Lazarus” yang dengan satu katanya adalah tulisan “ BRAVO” dan nantinya di bacakan tiap kelompok secara bersama – sama dengan berurutan setiap kelompok. Setelah di bacakan secara bersama – sama terus akan terbentuk suatu kata yang menjadi satu dari tiap kelompok.
9.
Estafet
Karet
![Description: E:\New folder\OUTBOUND KARAKTER BUILDING\DSCN5454.JPG](file:///C:\Users\Darsono\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image016.jpg)
10. Membawa Gelas
![Description: E:\New folder\OUTBOUND KARAKTER BUILDING\DSCN5431.JPG](file:///C:\Users\Darsono\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image018.jpg)
B.
Kesimpulan
Acara ini memiliki
makna yang dalam akan kegiatan outbound dalam mata kuliah Character Building
mulai dari pelatihan, kepemimpinan, pengembangan dan motivasi. Acara ini benar
benar memberikan gambaran akan kerjasama, keakraban, kebersamaan, karena dalam
setiap kelompok dilakukan secara bersama –sama.
Motivasi, keakraban,
kebersamaan, kerjasama didapat dalam acara
outbound, membuka mata dalam mendapatkan suatu hasil,dan dalam mencapai
sebuah tujuan dibutuhkan sebuah pengorbanan, sekecil apapaun usaha yang kita
lakukan akan membuahkan hasil yang baik.
BAB
III
PENUTUP
Sudah
menjadi sifat manusia, yang tidak pernah luput dari pada kesalahan dan
kekurangan. Selama hayat masih dikandung badan, maka sifat tersebut akan ada
pada diri seorang manusia. Maka dari itu penulis ingin meminta maaf sebesar –
besarnya apabila di dalam penulisan tugas ini masih banyak adanya kekurangan.
Maka
penulis sangat menginginkan adanya kritikandan saran guna, semoga dibuatnya
tugas laporan Outbound dapat memenuhi nilai dalam mata kuliah Character Building.
The Best Casino Sites for You to Play Online
ReplyDeleteThe luckyclub.live Best Casino Sites for You to Play Online · Wild Casino · VegasSlots · BetMGM Casino · MrLuck · PlaynGo · Casumo · Play'n Go.