Wednesday, March 29, 2017

Responsi : Tugas Analisa Perancangan Sistem

Responsi Tugas Analisa dan Perancangan  Sistem
1.          Jelaskan definisi dari kebijakan dan perencanaan sistem ?
A.       Definisi KebijakanSistem
Kebijakan sistem merupakan landasan dan dukungan dari manajemen puncak untuk membuat perencanaan sistem.
B.       Definisi Perencanaan Sistem
Perencanaan Sistem adalah proses membuat sebuah Laporan Perencanaan Sistem yang menggunakan sumber sistem informasi yang berhubungan dan mendukung tujuan bisnis dan operasi organisasi.

2.          Sebutkan proses-proses didalam perencanaan sistem ?
Proses perencanaan sistem dibagi dalam 3 proses utama yaitu:
1.      Merencanakan proyek-proyek sistem, meliputi:
a.       Mengkaji tujuan, perencanaan strategi dan taktik perusahaan
b.      Mengidentifikasi proyek-proyek sistem
c.       Menetapkan sasaran proyek-proyek sistem
d.      Menetapkan kendala proyek-proyek sistem
e.       Menentukan prioritas proyek-proyek sistem
f.       Membuat laporan perencanaan sistem
2.      Mempersiapkan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan, meliputi:
a.       Menunjuk team analis
b.      Mengumumkan proyek pengembangan sistem
3.      Mendefinisikan proyek-proyek dikembangkan, meliputi:
a.       Melakukan studi kelayakan
b.      Menilai kelayakan proyek sistem
c.       Membuat usulan proyek sistem
d.      Meminta persetujuan manajemen

3.          Jelaskan apa yang dimaksud dengan studi kelayakan ?
Definisi Studi Kelayakan
Studi Kelayakan            adalah suatu studi yang akan digunakan untuk menentukan apakah pengembangan proyek sistem layak diteruskan atau tidak.

4.          Jelaskan definisi dari analisa sistem ?
Yang dimaksud dengan Analisis Sistem adalah penguraian suatu sistem informasi yang sudah utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan tujuan dapat menidentifikasi dan menevaluasi berbagai macam permasalahan maupun hambatan yang terjadi pada sistem sehingga nantinya dapat dilakukan perbaikan atau pengembangan

5.    Sebutkan langkahdan komponen dalam tahapan analisa sistem sampai dengan membuat
laporan hasil analisis ?
Langkah-langkah kerja dari sistem analis, diantaranya meliputi:
  • Yang pertama, tahap melakukan identifikasi permasalahan pada sistem.
  • Yang kedua, tahap melakukan studi kelayakan dan memahami kinerja dari sistem yang ada.
  • Yang ketiga, tahap melakukan analisis dan perancangan sistem.
  • Yang keempat, tahap melakukan penerapan sistem.
  • Yang kelima, tahap melakukan evaluasi dan pemeliharaan pada sistem.
           
6.      Jelaskan klasifikasi sistem berserta contohnya masing-masimg ?

1.      -       Sistem Abstrak dan Sistem Fisik  Sistem Abstrak: Sistem yang berisi gagasan atau konsep (Contoh: Sistem Teologi - > hubungan Manusia, Alam dan Allah)  
-          Sistem Fisik: Sistem yang secara fisik dapat dilihat
(Contoh: Sistem Komputer, Sistem  Transportasi, Sistem Perguruan Tinggi)
2.      Sistem Deterministik dan Probabilistik  
-          Sistem Deterministik: Sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat (Contoh: Sistem Komputer)  
-          Sistem Probabilistik: Sistem yang tidak dapat diprediksi dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas (Contohnya: Sistem Evapotranspirasi, Sistem Serapan Hara, Sistem Fotosintesis)
3.      Sistem terbuka adalah sistem yang berinteraksi dengan lingkungannya
4.      Sistem tertutup adalah sistem yang tidak dihubungkan dengan lingkungannya


7.      Apa yang dimaksud dengan krakteristik sistem dan sebutkan yang merupakan krakteristik sistem tersebut ?
·         Karakteristik sistem adalah sistem yang mempunyai komponen-komponen, batas sistem, lingkungan sistem, penghubung, masukan, keluaran, pengolah dan sasaran. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dibawah ini yang merupakan karakteristik sistem.
·         clip_image002
Karakteristik Sistem


   8.      Jelaskan mutu informasi ditinjau dari kualitas dan nilai informasi ?

       Mutu/kualitas informasi : Kualitas informasi sangan di pengaruhi atau di tentukan oleh 3 hal pokok yaitu : relavancy, accurancy, dan timelinness
        Nilai Informasi : Nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan :
.    Bila tidak ada pilihan atau keptusan ionformasi menjadi tidak  diperlukan
-          Parameter untuk menguukur nilai  sebuah sistem informasi menejemen

   9.      Gambarkan siklus informasi & berikan contoh data-data apa saja yang di gunakan berserta informasi penjualan secara online ?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA5JhRNwQ_ELABt-86w_pinmhEKDt5dt6PTBr5u4v5LQO1xW3LZr_AcGFoosx0bDjfjqHUL7z0leJ_WrbdmymO-zDBZHoqF8RkPqoIHviq11C2SRBPKHB_x_dhdmDdYesyiVFccDLO-tw/s640/siklus.png
  10.    Jelaskan yang merupakan komponen-komponen dari sistem informasi & berikan contohnya ?

a.   Komponen input, Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumendokumen dasar.
b.   Komponen model, Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yag sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
c.   Komponen output, Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.
d.   Komponen teknologi, Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, neghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
e.  Komponen hardware, Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi.Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.
f.    Komponen software, Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
g.  Komponen basis data, Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).
h.   Komponen control, Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, te,peratur, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

11. Jelaskan perlunya pengembangan sistem informasi dalam satu organisasi !

a. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa  mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
b. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
c.  Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
d. engidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
e.  Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
f.  Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
g.  Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
h. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.

12.Gambarkan  siklus hidup pengembangan sistem ?


13.Jelaskan apa yang dimaksud metodologi pengembangan sistem dan sebutkan bentuk dari metodologi pengembangannya ?

Teknik/Metodologi Pengembangan Sistem

Beberapa ahli membagi proses-proses pengembangan sistem ke dalam sejumlah urutan berbeda-beda. Tetapi semuanya akan mengacu pada proses-proses standar berikut :
a.   Analisis didefinisikan sebagai bagaimana memahami dan menspesifikasi dengan detail apa yangb harus dilakukan oleh sistem.
Analisis : mendefinisikan masalah
b.   Desain  diartikan sebagai menjelaskan dengan detail bagaimana bagian-bagian dari sistem informasi diimplementasikan.
Desain : memecahkan masalah.
c.   Implementasi didefinisikan menjalankan sistem yang telah jadi.
d.   Pemeliharaan didefinisikan dengan menjaga sistem yang sedang berjalan.


Pada perkembangannya, proses-proses standar tadi dituangkan dalam satu metode yang dikenal dengan nama system Development Life Cycle(SDLC) yang merupakan metodologi umum dalam pengembangan sistem yang menandai kemajuan usaha analisis dan desain. SDLC meliputi fase-fase sebagai berikut :
1.        Identifikasi dan seleksi proyek
2.        Inisiasi dan perencanaa proyek
3.        Analisis
4.        Desain
a.         Desain logikal
b.        Desain fisikal
5.        Implementasi
6.        Pemeliharaan


  14.Sebutkan pendekatan pengembangan sistem yang bisa di gunakan di pandang dari :
a)                  Metodologi yang di gunakan
a. Pendekatan Klasik (Clasical approach )
Disebut juga pengembangan tradisional / konvensional adalah pengembangan sistem dengan mengikuti tahapan pada system life cycle. Pendekatan ini menekankan bahwa pengembangan sistem akan berhasil bila mengikuti tahapan pada system life cycle. Tetapi pada kenyataannya pendekatan klasik tidak cukup digunakan untuk mengembangkan suatu sistem informasi yang sukses dan akan timbul beberapa permasalahan diantaranya adalah :

1. Pengembangan perangkat lunak menjadi sulit.
2. Biaya perawatan atau pemeliharaan sistem menjadi lebih mahal
3. Kemungkinan kesalahan sistem besar
4. Keberhasilan sistem kurang terjamin
5. Masalah dalam penerapan sistem 

b. Pendekatan Terstruktur (structured approach )
Pendekatan ini dimulai pada awal tahun 1970, dan dilengkapi dengan alat-alat (tools) dan teknik-teknik (techniques) yg dibutuhkan dalam pengembangan sistem.

b)                  Dari sasaran yang akan di capai
a) Pendekatan Sepotong (piecerneal approach ) Pendekatan yg menekankan pada suatu kegiatan / aplikasi tertentu.
b) Pendekatan Sistem (systems approach )
Pendekatan yg menekankan pada sistem informasi sebagai satu kesatuan terintegrasi

c)                  Dari cara menentukan kebutuhan dari system

a.      Pendekatan Bawah Naik (Bottom Up Approach )
Pendekatan dari level bawah organisasi, yaitu level operasional dimana transaksi dilakukan. Pendekatan ini dimulai dari perumusan kebutuhan untuk menangani transaksi dan naik ke level atas dengan merumuskan kebutuhan informasi berdasarkan transaksi tsb. (merupakan ciri-ciri dari pendekatan klasik disebut juga data analysis) . 
b.     
b. Pendekatan Atas Turun
Dimulai dari level atas yaitu level perencanaan strategi. Pendekatan ini dimulai dengan mendefinisikan sarasan dan kebijaksanaan organisasi , kemudian dilakukan analisis kebutuhan informasi , lalu proses turun ke pemrosesan transaksi (merupakan ciri-ciri dari pendekatan terstruktur disebut juga decision analysis )
d)                 Dari cara pengembangan nya
a. Pendekatan Sistem menyeluruh Pendekatan yg mengembangkan sistem serentak secara menyeluruh.
(merupakan ciri -ciri pendekatan klasik )


b. Pendekatan Moduler
Pendekatan yg berusaha memecah sistem yg rumit menjadi beberapa bagian / modul yg sederhana (merupakan ciri -ciri pendekatan terstruktur )

No comments:

Post a Comment